image

Ratusan CJH Sumenep Terdeteksi Pernyakit Berisiko

Media Center, Selasa ( 15/06 ) Ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sumenep 2022 terdeteksi mempunyai penyakit berisiko, meskipun penyakit mereka termasuk taraf kelayakan.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Chaironi Hidayat mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada 316 CJH untuk berangkat ke tanah suci Mekkah pada tahun ini.

Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Sumenep, ternyata hasilnya terdeteksi ada ratusan jamaah haji berpenyakit berisiko, karena mereka sedang sakit seperti tekanan darah tinggi.  

“Hasil pemeriksaan kesehatan CJH itu di antaranya sebanyak 175 jamaah haji terdeteksi tergolong berpenyakit berisiko dalam taraf kelayakan,” kata Chaironi Hidayat di sela-sela pelepasan simbolis Calon Jamaah Haji Kabupaten Sumenep dan Manasik Akbar 2022, di Aula Kantor Kementerian Agama setempat, Rabu (15/06/2022).

Meskipun ada ratusan tergolong berpenyakit berisiko, namun secara keseluruhan CJH Kabupaten Sumenep dinyatakan memenuhi syarat untuk berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. 

“Kita doakan bersama semoga CJH Kabupaten Sumenep 2022 sehat, sehingga bisa menjalankan tahapan kegiatan ibadah haji,” tuturnya.

Chaironi Hidayat menuturkan, CJH sebanyak 316 jamaah termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 21 Embarkasi Surabaya dengan perincian, sebanyak 315 orang adalah warga Kabupaten Sumenep dan satu orang merupakan mutasi dari luar provinsi.

“Jamaah haji termuda berusia 20 tahun yaitu Moh. Saki Rosa bin Imam Mahale alamat Pragaan dan Jamaah Haji yang paling sepuh usia 64 tahun adalah Erlin Reski binti Moh. Reski alamat Desa Kalianget Timur,” tuturnya.

Sementara itu, Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sumenep 2022 tergabung dalam kloter 21, dijadwalkan berangkat pada Sabtu 18 Juni 2022 pukul 01.00 WIB, dari GOR A. Yani Pangligur Sumenep menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. 

Pada hari Sabtu pagi pukul 07.00 WIB sudah masuk ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan keberangkatan ke tanah suci Mekkah pada Minggu (19/06/2022) jam 05.15 WIB dari Juanda ke Jeddah menggunakan pesawat Saudi Airlines. ( Yasik, Fer )

Sumber : Sumenepkab.go.id

0 Komentar

Tulis Komentar

Nama Lengkap *
Website
Isi Komentar *


Kode