image

101 Desa di Sumenep Belum Bentuk BUMDes

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 101 dari 330 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, belum membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Padahal, program tersebut sudah diluncurkan sejak dilantiknya pemerintahan A. Busyro Karim-Ach. Fauzi, pada tahun 2016.

“Hingga saat ini sudah terbentuk BUMDes sebanyak 229 desa. Mayoritas desa yang belum membentuk itu berada di wilayah kepulauan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Ach. Masuni, Kamis (6/9/2018).

Ia memprediksi, banyaknya desa yang belum membentuk BUMDes itu disebabkan oleh belum adanya waktu. Sebab, pembentukan BUMDes itu memerlukan Musyawarah Desa (Musdes) di desa yang bersangkutan.

“Kalau desa di wilayah daratan hampir semua telah membentuk. Sedangkan di kepulauan, seperti di Kecamatan Raas baru sebagian yang membentuk,” ucapnya.

Kendati demikian, keberadaan BUMDes itu nantinya bisa menjadi penggerak perekonomian masyarakat di pedesaan. Untuk menggerakkan BUMDes, nantinya pemerintah daerah akan bekerja sama dengan BUMN melalui BUMDes Nusantara di Jakarta.

“Kalau sudah ada kerja sama antara BUMDes dengan BUMN melalui BUMDes Nusantara itu, semua kebutuhan warga di desa itu bisa terakomodir. Dana di BUMDes nanti bisa diambilkan dari CSR BUMN,” tukasnya. (Arifin/Desy)

0 Komentar

Tulis Komentar

Nama Lengkap *
Website
Isi Komentar *


Kode